Contoh Proposal Pelatihan Jurnalistik untuk Instansi Pemerintah

 



I. DESKRIPSI PROJECT

1. TEMA

“Membentuk jurnalis kreatif dan kritis melalui etika jurnalistik”


2. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Waktu : Kamis, 27 Juni 2024

Tempat : Hotel Swiss-Bellin Kemayoran. Jl. Benyamin Suaeb Blok D6, Complex Springhill - Kemayoran, Jakarta , Indonesia


3. RINGKASAN


Ilmu Jurnalistik sebagai cabang ilmu  dalam bidang Komunikasi Massa, memiliki peran penting dalam perkembangan alur informasi. Pada dasarnya, Ilmu Jurnalistik melibatkan proses mengumpulkan, memverifikasi, dan menyampaikan berita serta informasi kepada publik secara akurat dan objektif. Dalam pengertian ini mengartikan bahwa Ilmu Jurnalistik bukan hanya tentang menghasilkan berita yang menarik, tetapi juga menjunjung tinggi prinsip kebenaran dan integritas.


Dalam konteks tersebut, pelaku Humas memiliki peran strategis untuk mendukung kesuksesan instansi terutama dalam mempublikasikan produk atau keberhasilan yang dicapai institusinya. Untuk menjalankan fungsi itu, penting bagi seorang humas meningkatkan skills (keterampilan) dan kemampuan jurnalistik-layaknya jurnalis, agar mampu menyajikan berita informasi dan sejenisnya yang menarik dan aktual untuk para stakeholder-nya, baik di internal maupun eksternal.


Mempelajari ilmu dan wawasan jurnalistik menjadikan seorang humas paham mengenai proses penyebarluasan informasi, kode etik jurnalis, memaklumi pekerjaan wartawan, paham dunia media, dan mengetahui bagaimana berhubungan dengan media massa.


4. TUJUAN DAN SASARAN


Jurnalistik sebagai bagian dari Ilmu Komunikasi memiliki peran penting dalam membentuk, mengarahkan, dan menyebarkan informasi kepada masyarakat luas. Jurnalistik tidak hanya relevan dalam dunia media, tetapi juga sangat berguna dalam menghadapi berbagai isu yang terjadi di sekitar, salah satunya dengan mengolah dan menerima informasi secara akurat dan bertanggung jawab. 


Keterampilan di bidang jurnalistik dibutuhkan untuk keperluan menulis seperti menulis siaran pers (press release), brosur, profil perusahaan atau instansi, mengisi media internal dan sejenisnya, mengirimkan artikel ke surat kabar/media massa, sekaligus dapat mengasah kemampuan lain seperti kemampuan wawancara, teknik mengolah dan menyampaikan berita, mengelola media internal, serta ketrampilan lainnya agar dapat mengikuti trend dan perkembangan dunia informasi digital yang kian berkembang pesat dewasa ini.


Kemampuan menulis diperlukan untuk menghasilkan berita atau informasi yang dapat menjadikan sebuah organisasi dipandang positif oleh publiknya. Keahlian di bidang jurnalistik akan sangat membantu humas untuk berkomunikasi dengan publik organisasinya yang tersebar secara geografis dan demografis dengan memanfaatkan media massa. 

Atas pemikiran tersebut, Binawan membuat pelatihan jurnalistik dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pengetahuan serta keterampilan  jurnalistik pada peserta pelatihan dalam hal ini staff dan karyawan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.


5. GAMBARAN KEGIATAN


Kegiatan pelatihan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dan diawali dengan penyampaian tujuan pelatihan sehingga diharapkan para peserta dapat mengikuti pelatihan sesuai dengan target dan luaran yang diharapkan.


Materi pertama yang akan disampaikan adalah Mengenal Berita & Media Digital. Dari materi ini peserta dikenalkan tentang Berita sebagai penyampai informasi ke masyarakat luas juga dalam kaitannya dengan Media Digital. Dari materi ini diharapkan para peserta mengenal dan menyusun berita yang baik serta sesuai dengan kebutuhan instansinya.


Setelah materi pertama kemudian ishoma lalu dilanjutkan dengan materi kedua tentang Teknik Menulis Dasar dan Lanjutan yang diakhiri dengan latihan menulis berita. Pada sesi latihan menulis, para peserta diberikan target untuk menghasilkan sebuah tulisan yang layak publish dan akan diberikan doorprize pada 3 tulisan terbaik sebagai motivasi bagi para peserta.  


6. MATERI

Materi 1


“Mengenal Berita & Media Digital” yang meliputi:

1. Definisi Berita;

2. Unsur Berita;

3. Nilai Berita;

4. Struktur Berita;

5. Mendefinisikan berita dalam sebuah peristiwa;

6. Fungsi Berita dalam konteks internet;

7. Karakter pembaca Media Digital;

8. Karakter tulisan untuk media digital


Materi 2


Teknik Menulis Dasar dan Lanjutan yang meliputi:


1. Brain Based Writing

2. Menyusun Tulisan

3. Mengenal Berita Feature

4. Unsur Berita

5. Menulis Berita Langsung

6. Menulis Berita Feature

7. Teknik Editing

header ads
header ads

Type above and press Enter to search.